Minggu, 19 Januari 2014

Beberapa Faktor Penyebab Anak Suka Membangkang (4)

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan anak suka membangkang atau melawan orang tua, antara lain :

Orang Tua Kurang Memperhatikan Tipe Kepribadian Anak

Pada umumnya saat orang tua menyampaikan atau memerintahkan anak untuk melakukan
sesuatu, tidak memperhatikan tipe kepribadian anak.  Orang tua selalu berharap apa yang ia perintahkan segera dilaksanakan anak tanpa kompromi.  Cara penyampaian tersebut lebih mengarah pada bentuk tekanan terhadap anak.

Cara penyampaian yang tidak disesuaikan dengan tipe kepribadian anak dapat menimbulkan ketegangan emosional atau menciptakan suasana yang dirasa tidak nyaman bagi anak, sehingga mengakibatkan anak merasa tersinggung. 

Terutama anak yang memiliki kepribadian temperamental atau agresif, tentu tidak cocok dengan cara penyampaian dalam bentuk tekanan atau paksaan, seperti suara keras, bentakan, teguran, kata-kata kasar atau omelan.  Anak akan mudah tersinggung dan marah, sehingga secara naluri ia menantang atau menolak melaksanakan perintah atau nasihat orang tuanya dengan keras.

Pengaruh Pergaulan Anak


Hal yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa pergaulan anak dapat mempengaruhi perilakunya sehari-hari.  Dalam pergaulan begitu mudah terjadi proses identifikasi perilaku anak satu sama lain.  Anak begitu mudah mencontoh dan menyerap perilaku teman-temannya, tanpa suatu proses pertimbangan baik buruknya perilaku tersebut.

Yang menentukan cepat terjadinya proses identifikasi perilaku tersebut adalah kedekatan diantara anak-anak di dalam kelompok bermainnya tersebut.  Terlebih lagi bagi anak yang sedang mengalami masalah di dalam keluarganya, sehingga anak menemukan tempat untuk mencurahkan perasaannya itu dalam kelompok bermainnya.

Dalam kelompok bermain, jika anak mempunyai teman-teman yang memiliki perilaku buruk, seperti suka melawan, suka berkelahi dan lain sebagainya, maka anakpun memiliki kecenderungan untuk meniru perilaku temannya tersebut.  Dengan kata lain, kualitas pergaulan anak turut menentukan atau mempengaruhi bagaimana terbentuknya perilaku anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar