Senin, 03 Februari 2014

Cara Mengatasi Anak Yang Bandel dan Tidak Bisa Diam (3)

Apabila ditelaah lebih lanjut, ternyata anak menjadi bandel dan tidak bisa diam disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

1.       Faktor Lingkungan

Disamping anak mengalami kesulitan atau hambatan untuk memusatkan atau mengintensifkan perhatian karena adanya gangguan neurobiologisnya, juga faktor lingkungan berperan besar dalam memberi banyak rangsangan emosional anak.  Perhatian anak menjadi terpencar terhadap segenap aspek rangsangan yang muncul dari lingkungan anak berada.

Banyak aspek yang menggoda dan menarik perhatian anak, sehingga dirinya terangsang menjelajah ke segenap aspek yang merangsang perhatiannya, sehingga perhatian anak itu sangat sulit bertahan pada satu aspek perhatian dan dirinya begitu mudah beralih-alih perhatian.

Rangsangan yang beraneka macam itu mempengaruhi sensitivitas emosi anak.  Sensitivitas emosi ini menimbulkan kegoncangan emosi dan meningkatkan aktivitas andrenalin anak, sehingga menghasilkan dorongan energi fisik yang luar biasa pada anak.  Hal ini yang menyebabkan anak tidak bisa diam dan terangsang untuk selalu bergerak mengikuti objek perhatian yang berubah-ubah.  Perhatian yang terpencar inilah yang mempengaruhi emosi anak untuk menjelajah ke segenap aspek perhatian anak tanpa mengenal rasa lelah.

2.       Keracunan Makanan.

Keracunan makanan ini dapat terjadi, terutama bagi anak penderita autis, sehingga salah makan tersebut dapat menyebabkan dirinya seperti tidak sadar dan tidak bisa diam (hiperaktif).  Makanan yang mempunyai dampak buruk pada anak autis tersebut,  yaitu makanan yang mengandung protein susu sapi (kasein) dan protein tepung terigu (gluten).

Kedua unsur ini tidak dapat dicerna sistem pencernaan mereka.  Akibatnya terjadi proses akumulasi aploid atau substansi sejenis morfin yang dikenal sebagai dermophin di dalam tubuh.  Akumulasi substansi ini menyebabkan anak menjadi seperti tidak sadar dan suka mengamuk atau hiperaktif.

Kemungkinan-kemungkinan terburuk, jika anak bandel, tidak bisa diam dan susah diatur ini dibiarkan begitu saja, antara lain :

-          Anak sulit dikendalikan.
-          Anak suka berlaku agresif, memberontak dan menentang keinginan orang lain.
-          Anak mau menang sendiri (berbuat sekehendak hati).
-          Anak sulit beradaptasi dengan lingkungan dimana ia berada.
-          Anak tidak bisa tenang.
-          Anak sulit memusatkan perhatian dan konsentrasi.
-          Anak sulit berpikir logis.
-          Kepribadian anak yang tidak matang (tidak dewasa dalam berpikir). 
            Prestasi belajar anak rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar