Senin, 20 Januari 2014

Cara Mengatasi Anak Yang Suka Membangkang Atau Melawan (4)

Untuk mengatasi anak yang suka membangkang atau melawa diperlukan beberapa langkah pendekatan sebagai antisipasi, antara lain :

Perhatikan dan Arahkan Kualitas Pergaulan Anak

Sudah menjadi kewajiban sebagai orang tua untuk mengawasi dan mempersiapkan anak sedini mungkin, agar mampu menentukan teman bermainnya.  Begitu juga halnya dalam menentukan bentuk pertemanan atau pergaulan yang berkualitas. 


Pertimbangan pergaulan yang berkualitas ini menitik beratkan pada :

-          Penentuan dengan siapa anak pantas bergaul.

-          Mutu kegiatan yang bagaimana yang mampu mendorong tumbuh perilaku dan prestasi yang berkualitas.
Pengawasan dan pengarahan yang dilakukan oleh orang tua ini bukan dengan maksud untuk mengekang atau melakukan proteksi pada anak, namun semata-mata dengan maksud untuk mengarahkan anak agar mampu menilai dan menyeleksi teman yang tepat dan bentuk kegiatan / permainan yang positif.

Orang tua wajib memberikan pengarahan teman seperti apa yang baik untuk dijadikan teman atau bahkan sahabat dan yang seperti apa yang kurang baik untuk dijadikan sahabat, walau bukan berarti memusuhinya.  Begitu pula kegiatan atau perilaku seperti apa yang positif dan yang seperti apa yang negatif dan harus dijauhi.  Dengan adanya penyeleksian pertemanan tersebut diharapkan anak memiliki kemampuan untuk mengontrol dan mengembangkan perilakunya dalam pergaulan.

Namun tentunya pengarahan ini harus disampaikan dengan cara yang lembut, tidak menekan anak, tidak mendikte, dilakukan secara dua arah dan orang tua tetap menghargai anak.

Demikianlah enam langkah yang cukup efektif untuk mengatasi anak yang suka membangkang atau melawan.  Langkah-langkah tersebut cukup mudah dilakukan asal ada kemauan dari orang tua untuk mempraktekkannya.


Berhasil atau tidaknya orang tua mengatasi perilaku anak yang suka membangkang atau melawan ini sangat bergantung pada kemauan orang tua untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.  Kunci keberhasilan juga dipengaruhi oleh seberapa jauh kesabaran dan kepiawaian orang tua dalam melaksanakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar