Sabtu, 04 Januari 2014

Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Pintar : Memahami Perbedaan Antara Pujian Dan Sikap Positif

Cara mendidik anak yang baik dan pintar salah satunya adalah memahami perbedaan antara pujian dengan sikap positif.   Mengucapkan sesuatu yang menyenangkan kepada seorang anak tidaklah harus berupa pujian.  Ucapan tersebut tidak perlu mengandung penilaian, meskipun mungkin saja demikian. 

Mengatakan sesuatu yang menyenangkan kepada anak banyak manfaatnya.  Apabila Anda merasa senang, sebaiknya beritahukan anak, meskipun perkataan Anda tidak ada sangkut pautnya dengannya. Katakan sesuatu yang menyenangkan mengenai keberhasilan yang Anda peroleh, juga mengenai keberhasilan anak. Biarkan anak mengetahui bahwa Anda mempunyai perasaan positif. 

Anda tidak perlu membuat anak sependapat dengan Anda bahwa hari ini adalah hari yang menyenangkan ; mungkin ia tidak mau mengatakannya, supaya Anda jengkel.  Tetapi yang paling penting adalah memberitahu anak bahwa Anda berpikir positif tentang berbagai hal di sekeliling Anda, karena pandangan Anda terhadap hidup pada umumnya berarti penting baginya, apakah ia akan bertindak seperti itu atau tidak.

Hal Yang Menyenangkan Untuk Dikatakan :

·         Anda dapat mengatakan sesuatu yang menyenangkan mengenai ciri “pribadi” anak yang menyenangkan, supaya ia tahu bahwa orang tidak harus selalu melakukan sesuatu agar pantas dipuji.

·         Anda dapat mengatakan sesuatu yang baik mengenai sesuatu yang telah dikerjakan anak, yang menunjukkan bahwa kinerja yang baik dapat memberikan perasaan yang menyenangkan.

·         Anda dapat mengatakan sesuatu yang menyenangkan tentang diri Anda untuk menunjukkan bahwa tidak ada salahnya orang menghargai diri sendiri secara positif.  Anda memberitahu anak bahwa Anda dapat saja merasa nyaman sendiri tanpa selalu mendapatkan pujian dari orang lain.

·         Anda dapat mengatakan sesuatu yang menyenangkan tentang orang lain untuk menunjukkan bahwa tidak ada salahnya apabila kita mempunyai pemikiran yang baik mengenai orang lain meski ia tidak berada di dekat kita.

·         Anda dapat mengatakan sesuatu yang menyenangkan mengenai apa saja untuk memperlihatkan bahwa Anda dapat merasa nyaman dengan berpikiran positif tentang seseorang atau sesuatu.

·         Anda dapat mengatakan sesuatu yang menyenangkan tentang sebuah pohon, matahari terbenam, atau warna suatu bangunan untuk menunjukkan bahwa baik juga mendapatkan kepuasan dari hal-hal yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

·         Anda dapat mengatakan sesuatu yang baik mengenai seseorang atau sesuatu yang juga memiliki ciri-ciri yang tidak Anda sukai untuk memperlihatkan bahwa hidup bukan hanya warna hitam dan putih, dan bahwa yang baik dan yang buruk seringkali jalan berdampingan.

Ucapan yang menyenangkan memperlihatkan bahwa Anda memiliki sikap yang positif. Sikap positif adalah sifat yang harus dimiliki orang tua.  Sikap ini bertalian dengan menyampaikan pandangan hidup yang positif, yang nantinya menular ke anak.

Mengatakan sesuatu yang menyenangkan seringkali dapat memperlunak tajamnya kritikan.  Anda tidak perlu selalu mengucapkan kata-kata yang menyenangkan.  Banyak diantara kita lebih sering mengatakan sesuatu yang menyenangkan kepada orang lain ketimbang anak sendiri.  Ini disebabkan karena kita lebih sering menilai anak sendiri daripada menilai orang lain.


Ada beberapa orang tua yang selalu menilai hampir semua orang.  Anak mereka juga menjadi pengkritik yang pedas atau bila beruntung, ia akan tumbuh menjadi orang yang bertolak belakang dari orang tuanya.  Buah apel tidak akan jatuh jauh dari pohonnya dan jarang sekali tumbuh sendiri menjadi pohon apel yang besar.  Orang tua yang lebih baik akan menggunakan cara mendidik anak yang baik dan pintar dan tidak akan menjadi pengkritik yang pedas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar