Selasa, 07 Januari 2014

Tips Cara Mendidik Anak : Pekerjaan Lawan Bermain

Tips cara mendidik anak kali ini adalah bagaimana membedakan antara bekerja dan bermain. Dalam masyarakat banyak dewasa ini, anak tidak mempunyai gambaran sedikitpun mengenai apa artinya bekerja.  Tampaknya banyak remaja yang tidak mengetahui cara mendapatkan pekerjaan serta mempertahankannya.   Mereka juga tidak menyadari tanggungjawab yang menyertai pekerjaan.  Kian hari tampaknya kian banyak kedua orang tua yang bekerja, sehingga waktu bermain semakin sedikit, baik bagi orang tua maupun anak.  Hal ini dapat menciptakan berbagai masalah.

Permainan yang bebas, tidak terlarang dan terbuka diperlukan bagi perkembangan masa kanak-kanak yang sehat.  Disamping itu, anak membutuhkan banyak permainan semacam itu.  Namun demikian, anak juga perlu mengembangkan etika kerja sebagai persiapan bagi tanggung jawab di masa dewasa kelak.

Apabila orang tua dalam kehidupan mereka sendiri merancukan hubungan antara pekerjaan dan permainan, bagaimana mereka dapat membantu anak menghadapi permasalahan ini ?.  Namun bagaimana hubungan antara pekerjaan dan permainan ?.

Permainan adalah segala sesuatu yang dikerjakan karena ia menyukainya.
Pekerjaan adalah segala sesuatu yang dikerjakan orang tanpa memandang perasaannya.
Kedua definisi sederhana ini dipenuhi implikasi yang mendalam.  Anda bekerja atau bermain tergantung pada perasaan Anda saat itu, bukan tergantung pada apa yang dilakukan.

Pernahkah Anda merasakan kepuasan yang besar seusai mengerjakan sesuatu yang menurut orang lain tidak menyenangkan untuk dikerjakan ?.  Apabila kita menyukai apa yang kita lakukan, maka pekerjaan tersebut akan lebih merupakan permainan ketimbang pekerjaan.

Inilah yang membedakan antara orang yang gila kerja dan pekerja keras.  Perbedaannya terletak pada perasaan mereka terhadap apa yang dikerjakan dan bukan pada waktu yang disediakan untuk itu.  Seberapa rumitnyapun suatu pekerjaan, apabila “mudah” dikerjakan, akan terasa sebagai permainan ketimbang pekerjaan.  Orang yang sangat sukses mendapatkan banyak kepuasan dari apa yang dikerjakannya tanpa memandang ganjaran materi yang diterimanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar