Minggu, 05 Januari 2014

Mendidik Anak Sejak Dini : Mencari Tau Sifat Baik Anak

Mendidik anak sejak dini sangat dibutuhkan, diantaranya adalah dalam hal mencari tau sifat baik anak sejak dini.  Orang tua yang lebih baik dapat melihat sifat baik yang terdapat pada tindakan anak yang sebenarnya patut dihukum.  Kebutuhan menghukum seorang anak yang telah melanggar aturan atau mengganggu ketentraman umum bukanlah alasan untuk mengabaikan sifat baik yang mungkin sebenarnya motif perilaku tersebut.

Bilamana anak diberitahu, bukannya ditegur atau dihukum, peristiwa tersebut akan besar manfaatnya dan diingatnya untuk jangka waktu lama.

Berikut ini beberapa contoh sifat baik dalam tindakan :

·         Meskipun anak mungkin telah berbohong demi melindungi temannya, sikap setia itu adalah sifat yang baik.

·         Bilamana anak pergi ke sekolah dengan perasaan takut dan cemas, maka tindakan pergi ke sekolah dan pulang ke rumah adalah tindakan yang berani karena ia tetap pergi juga walaupun merasa takut.

·         Meskipun anak menyobekkan celana sewaktu berusaha memanjat pohon bersama anak yang lebih besar, keuletannya sewaktu menghadapi kesulitan adalah sifat yang baik.

·         Walaupun ia berani membantah guru, keinginanya untuk mempertahankan integritasnya ketika menghadapi tuduhan guru yang tidak benar menunjukkan martabatnya.

·         Sifat baik anak terlihat pada saat ia memberikan mainannya yang mahal dan baru Anda belikan kepada orang yang kurang beruntung.

·         Meski anak Anda yang masih duduk di TK menceritakan kepada gurunya bahwa Anda dan pasangan Anda bertengkar pada waktu liburan, ia seharusnya mendapat nilai tambah untuk keterusterangannya.

·         Perasaan kasihan mungkin merupakan motif anak ketika ia tidak mengadukan temannya yang mencuri sesuatu di toko serba ada.


Walaupun orang tua telah mendidik anak sejak dini dan ia selalu dapat melihat sifat baik anaknya, namun ia tetap harus memberitahukan kepada anak hal yang sebaiknya atau seharusnya ia lakukan, bagaimana menyikapi suatu kejadian, memberitahukannya hal yang baik dan yang buruk, tanpa harus menegur atau menghukumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar